SURVEI EKONOMI; Perekonomian Amerika Serikat Masih Lemah

Jumat, 30 Juli 2010 | 03:54 WIB

WASHINGTON, KAMIS – Pemulihan ekonomi Amerika Serikat masih akan tetap berjalan dengan lamban hingga tahun depan. Para konsumen masih menunda belanja mereka dan perusahaan masih belum mau menerima pekerja baru.

Demikian kesimpulan yang didapatkan dari survei Associated Press mengenai perekonomian dan diumumkan di Washington, Kamis (29/7). Survei ekonomi AP terbaru ini memperlihatkan bahwa optimisme semakin memudar pada tiga bulan terakhir.

Mereka yang menjadi responden memperkirakan akan terjadi pertumbuhan yang lebih lambat dan tingkat pengangguran yang lebih tinggi dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya. Para ekonom juga memperkirakan bank sentral AS, Federal Reserve, akan terus memberlakukan tingkat suku bunga mendekati nol persen setidaknya hingga musim semi mendatang.

Sebagian besar dari 42 ekonom yang disurvei mengatakan bahwa ekonomi masih berada pada jalurnya yang benar. Hal ini meningkatkan harapan bahwa perekonomian akan terhindar dari resesi ganda.

Responden dari survei ini terdiri atas kalangan pengusaha swasta, eksekutif perusahaan, serta ekonom dari sejumlah universitas.

Menurut perkiraan mereka, pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat akan melemah hingga tahun depan menjadi kurang dari 3 persen. Dari bulan Januari hingga Mei tahun ini, perekonomian tumbuh sekitar 3,5 persen.

Sementara tingkat pengangguran tidak akan lebih rendah jika dibandingkan dengan akhir tahun lalu.

Pada saat ini tingkat pengangguran sebesar 9,5 persen. Sebagian besar memperkirakan tingkat pengangguran akan tetap tinggi hingga tahun 2015 mendatang sebelum kembali normal lagi ke kisaran lima persen.

(AP/joe)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s