Deflasi Tipis pada November

Rabu, 2 Desember 2009 | 03:18 WIB

Jakarta, Kompas – Terjadi deflasi tipis 0,03 persen pada bulan November 2009. Badan Pusat Statistik, Selasa (1/12) di Jakarta, mengumumkan, dengan deflasi ini maka inflasi tahun kalender (Januari-November) sebesar 2,45 persen, inflasi tahunan baru 2,41 persen.

Kepala BPS Rusman Heriawan dalam jumpa pers mengatakan, deflasi terjadi karena adanya penurunan signifikan pada harga-harga bahan pokok. Harga cabe merah turun 0,9 persen, ikan segar menyumbang deflasi 0,05 persen, telur ayam ras deflasi 0,02 persen, serta angkutan udara deflasi 0,02 persen.

”Perlu diingat, setelah Lebaran dan Idul Adha saya melihat tarif sudah turun,” ujar Rusman Heriawan yang dalam jumpa pers didampingi Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Barang Ali Rosidi dan Deputi Bidang Statistik sosial Arizal Ahnaf.

BPS mencatat terjadi deflasi di 26 kota dari 66 kota yang dicatat. Sisanya mengalami inflasi. Deflasi tertinggi terjadi di Singkawang (Kalimantan Barat) sebesar 1,41 persen, sedangkan inflasi tertinggi terjadi di Manado (Sulawesi Utara) 1,27 persen.

Deflasi terutama disebabkan harga di kelompok bahan makanan turun 0,82 persen. Adapun transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan mengalami deflasi 0,08 persen.

Sementara itu, kelompok kebutuhan yang mengalami inflasi yaitu makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau naik sebesar 26 persen, sandang naik 0,98 persen, kesehatan 0,19 persen, dan pendidikan serta rekreasi 0,13 persen.

Untuk komponen inti, terjadi inflasi 0,18 persen sehingga inflasi komponen inti tahun kalender (Januari-November) sebesar 3,86 persen dan tahunan (YoY) mencapai 4,29 persen.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Hartadi Sarwono sebelumnya memprediksi inflasi pada tahun 2009 akan berakhir di angka 3,5 persen.

”Inflasi pada November ini tidak akan jauh dari angka nol. Secara keseluruhan inflasi tahun 2009 bisa 3,5 persen,” ujarnya.(lkt/antara)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s