Disnakertrans Luncurkan Kartu Kuning Online

Untuk memudahkan para pencari kerja dalam melengkapi kelengkapan persyaratan administrasi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta meluncurkan pembuatan kartu kuning online. Fungsi kartu kuning adalah sebagai data pencari kerja yang belum memiliki pekerjaan. Sistem online ini menjadi salah satu pelayanan publik prima dari Pemprov DKI. Rencananya, peluncuran perdananya dilakukan bersamaan dengan pembukaan job fair 20-21 november mendatang.

Sekretaris Disnakertrans DKI Jakarta, Subagiyono, mengatakan, sistem pembuatan kartu online ini merupakan kerjasama antara Disnakertrans DKI Jakarta dengan visijobs.com. “Sistem pembuatan kartu kuning online ini memudahkan pencari kerja dalam pembuatan kartu kuning dan juga memudahkan pencari kerja untuk mengisi data diri dalam pembuatan kartu kuning,” ungkapnya, Jumat (30/10).

Sistem yang berjalan sebelumnya, pencari kerja harus mendatangi kantor kecamatan ataupun kantor Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi DKI. Dengan persyaratan membawa KTP, ijazah serta pas foto ukuran 2×3 dan mengisi formulir. Kemudian dilakukan pencatatan dari formulir tersebut, sehingga dengan data tersebut maka dilakukan penerbitan kartu kuning.

Namun lewat sistem online ini, pencari kerja akan diberi kemudahan. Para pencari kerja hanya tinggal mengisi data melalui jaringan internet visijobs.com. Setelah mengisi, para pencari kerja harus mencatat permohonan pembuatan kartu kuning. “Resi tersebutlah yang dibawa ke kantor Disnakertrans. Jadi sistem ini memudahkan pengisian data, namun pencari kerja tetap harus datang ke kantor Disnakertrans untuk mendapatkan kartu kuning yang asli,” ujar Subagiyono.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, Kartini, menambahkan, nantinya kartu kuning tersebut akan distempel dan ditandatangan asli oleh kantor dinas tenaga kerja. Rencana ke depan proyek pembuatan kartu kuning online ini akan dilakukan sendiri oleh Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta. “Pembuatan kartu kuning dengan sistem ini baru berlaku di Jakarta saja,” ujarnya.

Selain untuk pembuatan kartu kuning baru, para pencari kerja yang telah memiliki kartu kuning juga dapat memperpanjang kartu kuning yang telah habis masa berlakunya melalui sistem yang sama. “Bisa saja diperpanjang karena datanya sudah ada di Sudin masing-masing atau kecamatan. Jadi kartu kuning online untuk pencari kerja baru dan untuk memperpanjang. Karena setiap enam bulan sekali kan harus lapor jika masih belum dapat kerja dengan jangka waktu dua tahun,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s