URKI-RI; Hubungan Ekonomi Menjadi Prioritas

Kamis, 29 Oktober 2009 | 03:48 WIB

Jakarta, Kompas – Seiring dengan meningkatnya volume perdagangan dengan Indonesia, Turki memprioritaskan penguatan sektor ekonomi dalam hubungan bilateral kedua negara. Mengingat masih adanya kesenjangan dalam ekspor dan impor antara Indonesia-Turki, Pemerintah Turki juga telah mengusulkan ditandatanganinya kesepakatan perdagangan bebas kedua negara.

Demikian disampaikan oleh Duta Besar Turki untuk Indonesia Aydin Evirgen, Rabu (28/10) di Jakarta. ”Volume perdagangan kedua negara mencapai angka bersejarah, yaitu 1,7 miliar dollar AS tahun 2008,” katanya.

Hubungan ekonomi yang kuat, menurut Evirgen, akan menjadi landasan bagi semua sektor kerja sama dan memperkuat kerja sama di sektor-sektor lain. Hubungan perdagangan bilateral Indonesia-Turki digairahkan oleh impor Turki dari Indonesia, antara lain produk pertanian, produk besi dan baja, bahan kimia, serta material konstruksi yang nilainya mencapai 1,4 miliar dollar AS tahun 2008.

Pada tahun depan, lanjut Evirgen, target perdagangan bilateral diharapkan melampaui 2 miliar dollar AS dan mencapai 5 miliar dollar AS tahun 2012.

”Kesepakatan perdagangan bebas saat ini masih dipertimbangkan. Sebagai langkah awal, kami telah mengusulkan kesepakatan kemudahan perdagangan,” ujar Evirgen.

Dia menambahkan, kini semakin banyak pengusaha Turki yang berminat menanamkan modal di Indonesia.

”Dalam 2-3 tahun terakhir, lebih banyak perusahaan Turki yang datang ke Indonesia. Mereka bergerak terutama di sektor pertambangan dan manufaktur. Dalam waktu dekat, mungkin mereka akan merambah sektor pertanian,” katanya.

Turki berencana menggelar pameran perdagangan di Indonesia untuk pertama kalinya pada Juni 2010. Sebanyak 40-50 pengusaha Turki akan dilibatkan dalam acara itu. ”Kami juga berharap lebih banyak pengusaha Indonesia berinvestasi di Turki,” kata Evirgen. (fro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s