DIPLOMASI; Walau Masuk G-20, Indonesia Ingat ASEAN

Hua Hin, Kompas – Menteri Luar Negeri RI menyampaikan, Indonesia berdiri dengan dua kaki atau sama-sama menjadikan ASEAN dan G-20 sebagai prioritas. Di dua lembaga itu Indonesia menjadi anggota tetap.
Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa ketika ditemui seusai pertemuan para pemimpin ASEAN dengan tiga mitra dialognya (China, Jepang, Korea Selatan), Sabtu (24/10) di Hua Hin, Thailand.
”Pengaruh kita di G-20 ada. Namun, kita tidak akan meninggalkan ASEAN. Indonesia tidak bisa berpengaruh di G-20 kalau tidak berpengaruh di ASEAN. Bahkan, dalam pertemuan kali ini ada apresiasi ASEAN terhadap Indonesia karena mengedepankan ASEAN di G-20. Indonesia secara lugas mengatakan, ketua ASEAN harus secara terus-menerus diundang di G-20,” ungkap Marty.
Konsolidasi
Ditanya mengenai prioritas diplomasi Indonesia dalam lima tahun ke depan, Menlu Marty mengungkapkan, dia masih melakukan konsolidasi. ”Intinya memang dalam bidang diplomasi, semua berjalan terus. Jadi, kita terus melakukan adaptasi sembari mesin diplomasi terus berjalan,” ungkapnya.
”Pesannya adalah perubahan dan kesinambungan. Jadi, ada hal-hal yang berkesinambungan, tetapi ada juga perubahan-perubahan yang akan dilakukan,” kata Marty.
”Dalam beberapa hari ke depan kita akan berkonsolidasi melihat apa-apa yang akan menjadi prioritas dan segera menetapkan program 100 hari kedepan untuk lebih meningkatkan kinerja diplomasi dan politik luar negeri kita,” ungkapnya.
Sementara itu, mantan Menlu Hassan Wirajuda mengatakan bahwa kelemahan domestik berperan melemahkan pamor diplomasi. (OKI)

Senin, 26 Oktober 2009 | 03:47 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s