Beberapa Calon Mencoba Mendekat

Partai Politik Mulai Berkoalisi

Senin, 26 Oktober 2009 | 10:58 WIB

SEMARANG, KOMPAS – Menjelang pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, partai-partai politik mulai berkoalisi agar dapat mengusulkan calon. Sejumlah tokoh yang ingin maju pun mulai mencoba melamar dan mendekati parpol, sekalipun parpol belum membuka pendaftaran.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Semarang Djunaedi, Minggu (25/10), mengakui, partainya telah sepakat berkoalisi dengan Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Persatuan Pembangunan agar dapat mengusung calon wali kota. “Kesepakatan ditandatangani Rabu (21/10) malam, tinggal deklarasi saja,” ujar Djunaedi.

Berdasarkan UU Pemerintahan Daerah, calon kepala daerah diajukan parpol atau gabungan parpol yang mendapat minimal 15 persen jumlah kursi DPRD atau 15 persen jumlah suara sah hasil Pemilu DPRD. Selain dari jalur parpol, calon bisa maju lewat jalur perseorangan dengan menyertakan dukungan minimal berdasarkan jumlah penduduk.

Selain empat parpol itu, Partai Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera juga akan berkoalisi dalam waktu dekat. “Dengan begitu, kami bisa mengajukan calon sendiri. Tinggal mencocokkan sistemnya saja,” ucap Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kota Semarang Wisnu Pudjonggo.

Mulai mendekat

Djunaedi mengakui, koalisi empat parpol akan mengusung calon yang populer, visioner, serta loyal. Namun, koalisi empat parpol besar ini belum menentukan siapa yang bakal dicalonkan sebagai wali kota.

Mereka yang sudah melamar antara lain Mahfudz Ali, M Farchan, dan Soemarmo. Mahfudz Ali saat ini masih sebagai Wakil Wali Kota Semarang, M Farchan Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan III Bappeda Kota Semarang, dan Soemarmo mantan Sekretaris Daerah Kota Semarang.

Sementara Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang Bambang Sutrisno mengaku pihaknya belum menentukan langkah koalisi. PDI-P telah memenuhi persyaratan jumlah kursi DPRD untuk bisa mengajukan calon sendiri.

Mereka yang mencoba mendekat ke PDI-P antara lain M Farchan, Soemarmo, Hendi Hendar Prihadi, Alwin Basri, Sriyanto Saputro, dan Meidiana Koeswara. Rencananya, PDI-P baru membuka pendaftaran pada 28 Oktober.

Partai Demokrat sebagai partai pemenang Pemilu 2009 juga telah mendekati tokoh seperti Mahfudz Ali. “Belum ada calon lain lagi yang mendekat,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Kota Semarang Rudi Nurrahmat. (ilo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s