87 Negara Siap Hadiri WOC di Manado

87 Negara Siap Hadiri WOC di Manado
Minggu, 10 Mei 2009 | 03:56 WIB

Manado, Kompas – Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda, Sabtu (9/5), mengecek kesi apan pelaksanaan Konferensi Kelautan Dunia dan Pertemuan Inisiatif Segitiga Terumbu Karang atau CTI Summit di Manado, Sulawesi Utara. Kemarin, sudah 87 negara yang menyatakan siap menghadiri acara yang berlangsung 11-15 Mei 2009 tersebut.

Hassan, yang didampingi Gubernur Sulawesi Utara SH Sarundajang, tak hanya mengecek ruang yang akan digunakan di Grand Kawanua Convention Centre, Kayuwatu, Manado, tetapi juga mempertanyakan kesiapan tata suara dan berbagai pernak-pernik yang dibutuhkan peserta, seperti papan nama dan peralatan makan.

WOC (Konferensi Kelautan Dunia) dan CTI Summit di Manado ini menjadi bukti keseriusan Indonesia untuk ikut memainkan peran dalam perubahan iklim global, sekaligus memberi citra positif bagi Indonesia sebagai negara maritim yang besar di dunia, kata dia kepada pers.

Menurut Sekretaris Panitia Nasional WOC, Indroyono Soesilo, sampai kemarin sudah 87 negara yang menyatakan kesediaan mereka untuk hadir di Manado. Banyak negara antusias ikut WOC karena merasa isu kelautan sangat penting bagi kehidupan dunia ke depan. Dua pertiga isi bumi ini adalah laut, paparnya.

Sayangnya, di tengah mewabahnya virus influensa H1N1 saat ini, Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado, belum memiliki alat pengecek suhu badan ( thermal scan ) yang memadai. Kemarin baru tersedia dua unit. Kedua alat tersebut ditempatkan di terminal kedatangan internasional dan ruang kedatangan tamu penting, very very important person (VVIP).

Idealnya, minimal tiga alat pengecek suhu badan, kata Sanil, Humas Kantor Karantina Kesehatan Bandara Sam Ratulangi.

Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi, selaku Ketua Panitia Pelaksana WOC, mengeluhkan kurang siapnya sarana kebersihan di bandara tersebut. Toilet belum siap. Kekurangan ini harus segera dibenahi. Kebersihan toilet adalah cermin kebersihan negeri. Kalau toilet kotor, maka citra negeri itu kotor, ujarnya, seusai menginspeksi kesiapan bandara, kemarin. (ZAL/LKT/ICH/GSA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s