PKB Minta Dilibatkan

PKB Minta Dilibatkan
Muspimnas PKB Bahas Cawapres untuk SBY
Kamis, 7 Mei 2009 | 04:00 WIB

Jakarta, Kompas – Partai Kebangkitan Bangsa meminta Partai Demokrat dan calon presidennya, Susilo Bambang Yudhoyono, mengajak bicara PKB dalam menentukan calon wakil presiden yang akan dipasangkan dengan Yudhoyono dalam pemilu presiden mendatang.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP PKB Muhaimin Iskandar, Rabu (6/5), seusai membuka Musyawarah Pimpinan Nasional PKB di Hotel Sahid, Jakarta. Acara Muspimnas PKB tersebut diikuti 33 Dewan Pimpinan Wilayah PKB se-Indonesia.

Selain meminta ikut dilibatkan, Muhaimin juga meminta semua pihak tidak perlu mendikotomikan latar belakang cawapres yang akan dipasangkan dengan capres dari Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

Baginya, tidak menjadi persoalan apakah cawapres berasal dari kalangan profesional atau pun dari partai politik.

”Soal apakah cawapres profesional atau berasal dari parpol, menurut saya, semua calon kan seharusnya profesional. Soal apakah dia nanti bersumber dari parpol atau tidak, kan terserah yang akan memilih. Jadi tidak perlu didikotomikan-lah soal profesional atau berlatar parpol tadi,” ujar Muhaimin.

Muhaimin menyatakan, PKB berharap koalisi yang dibangun untuk menghadapi pemilu presiden berasal dari kelembagaan. Selain itu, PKB juga mengajukan tiga kriteria cawapres yang akan atau dapat mendampingi Yudhoyono.

Kriteria-kriteria tersebut di antaranya adalah individu yang memiliki integritas, profesionalitas, serta punya komitmen kebangsaan dan nasionalisme yang tinggi.

Muhaimin jadi calon

Dari informasi yang beredar di dalam Muspimnas PKB, nama Muhaimin bakal diusulkan menjadi cawapres dari PKB untuk dipasangkan dengan Yudhoyono.

Hal tersebut dibenarkan Ketua DPP PKB Marwan Ja’far, yang memastikan semua DPW PKB secara bulat mendukung Muhaimin untuk ditawarkan sebagai cawapres dari PKB.

Dalam Muspimnas PKB kali ini, ke-33 DPW dibagi ke dalam tiga komisi, masing-masing terdiri dari 11 DPW, yang bertugas membahas isu tertentu.

Ketiga komisi tersebut antara lain membahas soal evaluasi Pemilu Legislatif 2009, capres-cawapres, dan rekomendasi politik PKB.

Untuk komisi pembahas capres-cawapres terutama terdiri dari perwakilan DPW dari seluruh provinsi yang ada di Pulau Jawa, seperti Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur.

”Sudah dipastikan nama Cak Imin (Muhaimin Iskandar) akan kami majukan menjadi cawapres, yang kemudian akan ditawarkan ke SBY. Untuk formalitas keputusan itu akan diresmikan atau tinggal diketok palu di rapat pleno,” ujar Marwan Ja’far. (DWA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s