Cavaliers Berjaya Lagi

bola basket
bola basket
Cavaliers Berjaya Lagi
Nuggets Memimpin 2-0 atas Mavericks
Kamis, 7 Mei 2009 | 03:25 WIB

Cleveland, Selasa – Sembilan hari beristirahat setelah menang telak atas Detroit Pistons, 4-0, di babak pertama, Cleveland Cavaliers kembali berjaya. Didukung penampilan gemilang LeBron James, Cavaliers mengalahkan Atlanta Hawks, 99-72, di babak kedua play off, Selasa (5/5).

James memperlihatkan mengapa dirinya layak dinobatkan sebagai pemain terbaik NBA musim ini. Pebasket berusia 24 tahun itu langsung membuat dunk saat pertama menyentuh bola di kuarter pertama, dan seperti biasa memimpin perolehan angka timnya.

Total, James mengoleksi 34 angka dan 3 assist. Tak hanya menyerang, James juga memberikan kontribusi penting pada pertahanan dengan 10 rebound dan 4 steal.

Pada satu kesempatan di kuarter ketiga, dua pemain Hawks melakukan serangan balik ke ring Cavaliers dan hanya James yang sempat berbalik untuk menjaga. Dengan ketenangan seorang pemain bertahan kawakan, James menghadang Joe Johnson, merebut bola, dan menggagalkan serangan balik lawan.

”Seorang MVP menggagalkan serangan balik? Mengagumkan. Malam ini adalah tentang LeBron dan dia menunjukkan mengapa dia layak menjadi pemain terbaik,” ujar Mo Williams, point guard Cavaliers.

Kemenangan ini adalah yang kelima berturut-turut bagi Cavaliers di play off, yang hanya dua kali kalah di Quicken Loans Arena selama babak reguler. Kelima kemenangan itu seluruhnya diperoleh dengan selisih dua digit dari lawannya, mengulangi prestasi Pistons, lawan yang mereka kalahkan di babak pertama pada tahun 2004.

Josh Smith mencetak 22 poin dan Mike Bibby menambah 19 untuk Hawks, yang harus memainkan tujuh game untuk menyingkirkan Miami Heat di babak pertama. Hawks, yang lolos ke babak kedua untuk pertama kali dalam 10 tahun terakhir, memulai seri ini dengan buruk. Mereka hanya membuat 28 angka di babak kedua, hasil memasukkan sembilan dari 30 lemparan lapangan.

”Sangat mengecewakan. Kami maju ke babak kedua hanya untuk kecewa karena bermain buruk di babak kedua,” ujar Smith.

Duel kedua tim adalah yang pertama di masa play off meski keduanya telah bertemu 192 kali di babak reguler. Sebelum laga dimulai, James menerima trofi pemain terbaik NBA dari komisioner NBA, David Stern, mengulangi upacara sehari sebelumnya di SMA St Vincent-St Mary, almamater James. Sambutan Stern nyaris tak terdengar tertutup riuhnya teriakan ”M-V-P!” yang diteriakkan sekitar 20.000 penonton.

Untuk lebih memeriahkan suasana, satu lagi acara unik digelar Cavaliers di saat jeda. Forward Cavaliers asal Serbia, Aleksandar ”Sasha” Pavlovic, melepas masa lajangnya dengan menikahi kekasihnya, Dunja Karisik, di tengah lapangan.

Kesalahan kecil

Satu kesalahan kecil Dallas Mavericks harus dibayar dengan kekalahan fatal. Mavericks kalah untuk kedua kalinya dari Denver Nuggets, kali ini dengan angka 105-117, pada semifinal Wilayah Barat.

Permainan fisik Mavericks membuat mereka mampu mengimbangi tuan rumah hingga menjelang kuarter ketiga. Umpan keliru dari Jason Kidd disambar guard Nuggets, Chaunchey Billups, yang kemudian mengecoh John Terry. Billups mengoper bola kepada JR Smith yang menunggu di bawah ring dan memasukkan bola.

Setelah lemparan Smith itu, perolehan angka Nuggets tak mampu lagi dikejar Mavericks dan Nuggets pun memimpin 2-0 dengan laga ketiga dan keempat akan berlangsung di Dallas.

”Itu kunci kemenangan kami. Chaunchey bisa saja membiarkan bola keluar, tetapi dia mengejarnya dan membuat JR melakukan lay up. Setelah itu, kami terus mencetak angka. Itu titik balik laga ini,” ujar Carmelo Anthony yang membuat 25 poin untuk Nuggets. (AP/was)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s